Iwan Fals Bakal Manggung Lagi Usai Rayakan Ultah ke 61

Artis, Musik183 Dilihat
Iwan Fals (ist)

Smartcitymakassar.com – Jakarta – Musisi legendaris Iwan Fals mengungkapkan keinginannya untuk kembali aktif bermusik setelah merayakan ulang tahunnya yang ke 61. Penyanyi kharismatik ini mengatakan akan berencana menggelar Konser Bertalu Rindu ‘Cinta’ di Panggung KITA, Leuwinanggung, Tapos, Depok, Sabtu (3/9/2022).

Menurutnya, tak ada kata ‘pensiun’ dalam berkesenian danmakan terus berkarya lewat penciptaan lagu baru. Baginya, penciptaan lagu baru itu selayaknya menulis buku harian.

“Ya pasti karena saya pemusik, jadi selalu menulis lagu. Karena lagu itu buat saya kayak penggalang waktu atau buku harian lah, yang mana setiap harinya saya tulis, lalu direkam,” ujar Iwan Fals.

Tapi itu kan enggak semua bisa keluar. Jadi harus lewat Cikal atau lewat mamanya, untuk mana yang pantas dikeluarkan dan mana yang tidak. Tugas saya ya hanya bikin lagu, bikin lagu, dan bikin lagu.”

Selain itu, Iwan Fals juga mengonfirmasi bahwa agenda terdekatnya dalam bermusik adalah menyanyikan syair milik kawan yang enggan ia ungkap.

“Untuk ke depan, tentu ada rencana. Saya ingin sekali menyanyikan syair milik teman saya, lalu juga ada beberapa rencana dengan pihak label,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Iwan Fals sekaligus memamerkan grup musik pengiring formasi terbaru yang turut melibatkan anak termudanya, Raya Rambu Rabbani.

Berusia 19 tahun, Raya dipercaya oleh Iwan Fals untuk duduk di balik kursi drum dan melatari tempo mengentak dari lagu-lagu ayahnya.

Meski dihuni personel lain yang lebih muda, Iwan Fals mengingatkan bahwa para anggota baru di grup musik ini bertugas memainkan katalog-katalog lama miliknya.

“Kalau sama band yang terbaru ini, ya bisa saja bikin lagu-lagu baru, tapi mereka lebih berkonsentrasi untuk menghafalkan lagu-lagu milik saya yang ada 300-an lebih (tertawa). Jadi harus dilatih terus,” katanya sembari berkelakar.

“Jadi untuk mempelajari 300 lagu yang sudah jadi saja kadang susahnya setengah mati, apalagi kalau mau bikin lagu baru,” seloroh Iwan Fals menggoda personel bandnya sebelum mengakhiri percakapannya.

Masih dalam kesempatan itu, Iwan Fals juga berterima kasih kepada sang istri, Rosanna Listanto, sang anak, Rambu Cikal dan Raya Rambu Rabbani, yang terlibat banyak atas dalam menggarap konser pada Sabtu ini.

“Perasaannya senang sekali, terima kasih.  Yos [Rosanna] konser kok ya tepat sama hari ini ulang tahun ke-61. Pasti senang sekali. Terima kasih,” ujar Iwan Fals usai menggeber panggung di konser tunggalnya sore itu.

Dalam konser tersebut, Iwan Fals dan band membawakan 16 lagu plus 1 lagu persembahan bagi para OI spesial untuk merayakan ulang tahunnya.

Konser di wilayah tempat tinggal Iwan Fals ini menjadi pusat sinergi antara sang musisi kawakan dan penduduk sekitar; momen yang dirindukan oleh Iwan dan keluarga setelah dua tahun terhenti akibat pandemi.

“Tempat ini sudah seperti jadi oase. Semua orang bisa kumpul semua di sini, bernyanyi bersama. Dan kerinduan ini bukan hanya sekadar berdendang saja, tapi juga silaturahmi itu yang terpenting,” katanya. [aan]

Komentar