‘Jakarta Film Week’ Kembali Digelar Oktober Nanti, Mengangkat Tema “Emerge”

Film, Lifestyle571 Dilihat
Jumpa pers penyelenggaraan event festival Jakarta Film Week 2022. (Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com – Jakarta – Kebangkitan perfilman Indonesia pasca COVID-19 kembali semarak. Hal ini ditandai dengan bakal digelarnya Festival Jakarta Film Week 2022.

Dengan mengangkat tema “Emerge“, Festival Jakarta Week 2022 tahun ini akan digelar pada tanggal 13-16 Oktober 2022 di lobi CGV Grand Indonesia Jakarta. Tahun ini, event bagi sineas Tanah Air itu, akan digelar secara daring dan luring.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya dalam keterangannya pada media, akhir pekan ini.

“Di tahun kedua penyelenggaraan Jakarta Film Week 2022 ini, kami mengusung tema Emerge karena pandemi sudah mereda dan saat ini kita bisa melihat kesempatan baru yang akan dihasilkan sineas muda dan berbakat di Tanah Air. Dan dengan tema ini, festival ini bisa jadi wadah untuk kemunculan filmmaker muda dan bisa bersaing di industri film tak hanya di Tanah Air tapi juga di industri film internasional guna kembali meramaikan industri perfilman kita,” ungkap Gumilar dikutip dari BeritaSatu.

Sedangkan Festival Director Jakarta Film Week 2022, Rina Damayanti dalam kesempatan ini juga berharap event festival film ini akan bisa menjadi bukti bahwa industri film kini bisa bangkit kembali pascadihantam pandemi Covid-19.

“Kami melihat ada sesuatu yang kembali bangkit. Ada sesuatu yang bersinar kembali hal tersebut yang kemudian membuat kita yakin ajang Festival Jakarta Film Week 2022 ini bisa jadi wadah yang baik untuk kembali berjayanya industri film di Tanah Air,” tambah Rina.

Rina menyatakan menggeliatnya kembali Industri perfilman di Tanah Air sudah mulai terasa sejak munculnya beragam film dari berbagai genre dalam 6 bulan belakangan. Bahkan angkanya melebihi ekspektasi sebelum terjadinya pandemi yang dibuktikan dengan antusiasnya penonton untuk kembali menonton di bioskop dan raihan jumlah penonton dari beberapa film yang tayang di atas rata-rata.

Kami juga melihat produktivitas teman-teman dari perfilman sekarang untuk memproduksi layar lebar, series untuk OTT, kemudian di berbagai daerah kami lihat juga banyak sekali produksi dokumenter, animasi, film pendek. Jadi ada sesuatu yang bergerak maju, bangkit kembali dan dunia perfilman ini berhasil mengatasi berbagai tantangan selama pandemi kemarin,” tegasnya.

Untuk penyelenggaraan JFW 2022 ini, pihak penyelenggara akan mengusung dua konsep program utama yakni pemutaran film dan nonpemutaran film. Di mana dalam program pemutaran film terdiri dari tiga program, yaitu Global Feature (merupakan pemutaran film panjang terpilih baik dari Indonesia maupun internasional), Global Short (pemutaran film pendek menampilkan film-film pendek terpilih, baik dari Indonesia maupun Internasional), dan Jakarta Film Fund (kompetisi ide cerita pembuatan film pendek).

Tak hanya itu, dalam program pemutaran film ini, akan ada juga sesi kompetisi yang terdiri dari Feature Award (penghargaan film panjang internasional terbaik), Direction Awards (penghargaan film panjang Indonesia terbaik), Global Short Award (penghargaan film pendek internasional terbaik), Jakarta Film Fund Award (penghargaan film hasil produksi pemenang Jakarta Film Fund), Global Animation Award (penghargaan film animasi pendek), dan Series of The Year (penghargaan series original yang tayang di OTT) yang penghargaannya akan diberikan kepada para sineas yang berhasil menghasilkan karya film terbaik.

Sementara itu, untuk program Non Pemutaran Film, terdapat sesi Masterclass (pelatihan untuk para profesional industri film dengan narasumber berpengalaman di industri film internasional), Talks (diskusi publik seputar industri film dengan panelis yang inovatif dan berpengalaman), Community (ruang berbagi komunitas film untuk memperluas jaringan dan bertukar pengetahuan dengan para ahli di industri film), Jakarta Film Fund (kompetisi ide cerita pembuatan film pendek, dengan 3 proposal yang terpilih akan mendapatkan dukungan produksi, teknis dan pelatihan), serta Road to Jakarta Film Week (kegiatan yang berjalan menjelang acara puncak Jakarta Film Week 2022). [aan]

Komentar